Wednesday 19 May 2010

Hasil Penelitian (Tianjin)

Posted by Nyomie at 5/19/2010 10:55:00 am
sudah 1 minggu lebih saya menginjakkan kaki di daratan cina ini. sampai sini juga sudah banyak sekali hal2 yang saya pelajari. baik dari yang positif dan negatifnya.

negatif side:

1. kurangnya rasa toleransi

ketika saya ingin turun dari bis, badan saya pun sudah ada di depan pintu, tetap saja orang2 yang baru mau naik bis tidak memberi peluang buat saya untuk keluar, mereka malah terus mendesak masuk. hal ini tentu amat sangat berbeda jika kita bandingkan dengan Jakarta. walau jakarta adalah kota yang amat sangat padat dan keras, tetapi semenjak lahir saya tinggal disana, tidak pernah terjadi hal yang seperti itu. buat yang sudah merasakan bagaimana kejamnya transportasi di ibukota Indonesia itu, pasti mengerti. Saya agak sedikit bangga dengan hal ini.

2. tidak ada namanya "lampu merah"

ketika lampu merah, menandakan mobil berhenti dan kita boleh jalan. ya ga? tetapi dsini tidak seperti itu. sama halnya dengan Jakarta. tetapi entah kenapa saya lebi merasa aman untuk nyebrang di Jakarta. walau orang2 ga peduli juga dengan traffic light. pertama kalinya saya menyebrang dsini, amat sangat tidak berani. seperti halnya orang yang baru pertama kali menyebrang jalan.

di cina banyak sekali terdapat sepeda. so, isinya jalan adalah sepeda, bis dan sebagian kecil motor. dan hati-hati!!! mereka tidak akan memberi kita jalan ketika kita mau menyebrang.

3. kondisi toilet yang,,arghhhh :(

sewaktu saya pergi ke sebuah toilet di pusat perbelanjaan seperti carrefour gtu, saya amat shock, karena apa??? karena mereka tidak menutup pintu sewaktu mereka buang hajat..ohhh....geli..jijik..apa yahh?? pengen muntah..jangankan di pusat perbelanjaan, disebuah universitas juga seperti itu. ketika saya mendapat kesempatan buat mengunjungi kampusnya buddy gw, ohhhhhhhh....it's the same. unbelievable bgt...

4. pelayanan yang kurang memuaskan

saya amat sangat shock ketika baru pertama kali makan di resto sini. kenapa?? ajee gile tu menu makanan dilempar gtu aja. ngasi sumpit juga dilempar..T.T shock gw...perasaan di jkt kaga kaya gtu dah..walau makan dipinggir jalan jg kaga kaya gtu..abang2nya jg ngehormatin org yg makan kok..haduhh..apalagi kalo dibandingin ama korea n malay..at least mereka masi senyum dan santun ama pelanggan.

itu baru disatu resto, ketika makan diresto yg lainn jg sama ajahh..begitu jg..karna gw amat sgt bingung, akhirnya gw menanyakan ttg hal ini k sobat gw yg org korea itu. klo menurut dya yg uda pnah stay jg di tianjin untuk bbrapa waktu org cina itu memang adatnya kaya gtu, mrk ga terlalu peduli ama org lain dan mrk melakukan segalanya dgn cepat...tapi anehnya sobat gw ini malah kgn atas ketidaksantunan pelayanan dsini..duh..gw bsa blg ga santun jg karna dri kecil gw ga pnah mengalami hal yg kaya gini..ortu selalu ngajarin klo melayani org ga boleh stengah2 dan harus yg sopan..


positif side:

1. pola tidur

semenjak disini pola tidur gw berubah banget. tidur cepet dan bangun awal. jam 7an gw selalu udah bangun dan merasa amat sangat seger banget. wew...

2. makanan

dikarenakan partner saya seorang vegetarian, gw jadi ikutan cuma makan sayur doank. hehehe...udah jarang banget makan daging lohh..

saya jg seneng dsini mudah untuk mencari mkanan halal...yihaaaaa...dimana2 ada muslim resto..yg rasa makanannya ga jauhh beda ama makanan indo..yg ptg rasanya ga ajaibb..hihihihi


to be continue...

0 comments:

Post a Comment

 

nyomie's thought Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea