Saturday 16 July 2011

Kota Kecil yang Menyimpan Segudang Cerita

Posted by Nyomie at 7/16/2011 12:59:00 am
Melaka,,yeay!! akhirnya bisa juga pergi kesana. Kota kecil yang berada tidak jauh dari Kuala Lumpur ini bener-bener menarik perhatian gw. karena apa? udah dari 1 tahun yang lalu berencana mengunjungi Melaka tapi ada aja deh yang jadi halangan. 

Christ church
alhamdulillahnya, 2 minggu yang lalu (2 Juli 2011) berhasil menapakkan kaki disana. hari minggu bangun pagi dan langsung siap-siap menuju ke Bandar Tasik Selatan terminal karena sekarang semua bis yang menuju ke selatan hanya terdapat di terminal ini. jam 8.30 an gw keluar rumah dan cepet-cepet ke lrt coz sepertinya akan telat nyampe sana. 

udah sampe masjid jamek seperti biasa gw lupa harus naik lrt yang ke arah ampang atau sri petaling. dan daripada takut salah naik, gw nanya sama mba-mba yang lagi nunggu lrt jg. yepp...gw harus ambil yang ke sri petaling. sudah sampe di stasiun BTS, kudu lari2 ke tiket konter buat beli tiketnya, alhamdulillah buat yang jam 10 masih ada seat kosong. 

udah beli tiket, mampir ke 7e dulu buat beli minum trus langsung cab cus ke platform bisnya. wow...bisnya enak lohh, amat sangat nyaman dengan hanya membayar RM 12.50. perjalanan menuju melaka sekitar 1 jam 45 menit dan gw sampe sana tepat waktu yaitu jam 11.45, great driver!!

sampe melaka sentral gw langsung nelfon fariz coz kita janjian disini tapiii ohh ternyata dia belom dateng karena si bisnya ada masalah sedikit. karena gw bingung mau nunggu dimana, akhirnya gw muter-muter terminal buat liat-liat suasana sekitar. sumpah, gw berasa lagi di indo deh, banyak orang indo dimana-mana soalnya. 

mata gw ngeliat logo MCD, then gw langsung beli es krim kesukaan gw dari jaman kecil, es cream cone :) ga lama kemudian pun si fariz dateng dan kita langsung nyari bis buat ke tempat tujuan yaitu dataran pahlawan.

in front of christ church
bingung mau naik bis yang mana dan bis yang dikasi tau sama temen ga ada, so kita nanya lagi sama ibu-ibu yang duduk disebelah gw. kata si ibu kita bisa naik bis apa aja yang kearah mahkota. heh?? apa pulak itu mahkota kan?? karna tampang si ibu itu bener-bener meyakinkan, akhirnya kita naik aja bis itu. 

sumpah berasa naik bis di jakarta dan ditambah pulak yang naik kebanyakan orang indo. dengan membayar RM 1 kita udah bisa duduk manis sampe dataran pahlawan. 

selama di bis ga berhenti-hentinya buat ngeliat pemandangan sekitar. senang.... bisa pergi dari KL, udaranya lebih seger dan ga terlalu banyak orang seliweran. sekitar 20 menit naik bis, kita sampai tepat di depan gereja christ. 

check point yang pertama adalah gereja christ. gereja ini masih digunakan untuk beribadat dan terlihat sangat terurus. di depan gereja, banyak para turis yang sibuk berfoto-foto. halaman depan gereja pun dihiasi dengan bunga-bunga dan adanya air mancur membuat suasana semakin menarik. 

di dekat situ juga ada tower clock, sebuah jam yang menjadi lambang melaka. katanya fariz sih lebih bagusan jam gadang tapi berhubung gw belom pernah ke padang jadi jam yang ini masih oke oke aja di mata gw :)

setelah puas mengagumi gereja ini, kita berpindah ke tempat lain yaitu benteng middleburg. tetapi benteng yang di display sekarang hanyalah replika saja. benteng ini terletak di dekat sungai melaka. 
di depan replika Flor de Lamar

tidak jauh dari benteng ini, kita bisa melihat kincir air yang besar. dulunya kincir air ini digunakan untuk PLTA tetapi sekarang hanya untuk pajangan saja. lalu kami pun berjalan terus sampai menemukan replika kapal yang sangat besar, Flor De Lamar yang berarti bunga lautan. kapal ini sangat besar dan merupakan salah satu kapal yang terkaya dan mempunyai persenjataan yang sangat lengkap.

A Famosa ^^
di melaka banyak terdapat musium-musium, seperti musium perangko, musium transportasi, dan lain-lain. lalu kami mencari lagi check point yang berikutnya, yaitu A Famosa. a famosa adalah bahasa portugis yang berarti tempat yang terkenal. dulunya terdapat benteng yang sangat kokoh tapi sayangnya hanya tertinggal Porta de Santiago saja, sebuah pintu yang kecil. 

hanya beberapa meter dari porta de santiago, ada replika istana sultan melaka dan kami tertarik untuk menelusurinya. untuk masuk ke tempat ini, kita harus bayar RM 2. di dalam istana banyak tersimpan sejarah tentang melaka dan juga tentang kesultanan malaysia. 

setelah itu kami berjalan menuju sebuah gereja tua yang berada agak tinggi dari gedung-gedung lainnya. gereja itu bernama St. Paul. gereja ini hanya tertinggal reruntuhannya saja. di dalam gereja terdapat beberapa makam orang belanda. 
istana kesultanan Melaka

rasanya haus dan sangat laperrrr,,,so kami meluncur ke jonker street. di jalan itu terdapat banyak resto yang menyajikan makanan khas melaka tapi kami karena ngga yakin kalo makanan itu halal, akhirnya kami cuma lihat-lihat saja. 

well, akhirnya kami nyari resto makanan melayu di mall dataran pahlawan. setelah itu langsung pergi ke GSC buat beli tiket nonton prince of the caribbean. kayanya cocok banget nonton filem ini di tempat yang bersejarah juga. filemnya bener-bener bagus tapi sayangnya ga bisa nonton dengan tenang karena hampir jam 8 T.T

saking rushingnya, abis selesai nonton langsung lari-lari nyari taxi. sepertinya rate taxi di melaka dipukul rata, RM 15 buat sampe ke melaka sentral. alhamdulillahnya sampe disana masih ada bis dan nyampe KL jam 11 lewat. rushingnya belom selesai lohhh,,,karena harus naik lrt ke mesjid jamek dah gtu ke wangsamaju,, OMG kenapa kalo pergi-pergi pasti selalu rushing..wkkwkwkk. tapi mungkin itu style traveling gw kali yahh?? hhahahaha

overall, kami suka melaka. melaka itu beda dan jadi pengen lagi buat explore lebih lanjut :) yang unik dari melaka itu becaknya, heboh bener hiasannya ditambah sama lagu-lagu yang diputer aduhaiii bener deh ^^
becak @ melaka

Travel expenses:
bis KL-Melaka : RM 12.50
bis Melaka sentral- dataran pahlawan : RM 1
tiket masuk istana sultan : RM 2
makan : RM 9.50
bis Melka-KL : RM 10
Total: RM 35

0 comments:

Post a Comment

 

nyomie's thought Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea