Friday 20 May 2011

My Little Mecca Day 2

Posted by Nyomie at 5/20/2011 10:43:00 pm
15 May 2011

Hallo Bandar Seri Begawan!!! great we landed safely. pagi hari yang cerah dan bisa menghirup udara Brunei yang seger. "Baru pertama kali ke Brunei?" itu kalimat pertama yang saya dengar dengan menggunakan logat Brunei yang khas sewaktu di imigrasi. pasport pun sudah dicap dan FYI, Brunei only gives Indonesian 14 days visit pass.
cara makan ambuyat (sagu)
lalu kami mulai mencari Fadhil (kawan Brunei saya) dan ternyata dia sudah ada di pintu kedatangan. great to see him again after a few months. kami pun langsung dibawa ke rumahnya untuk taro barang-barang dan istirahat sebentar. well, ternyata dia suka kucing, terbukti dengan adanya 7 ekor kucing yang berkeliaran. setelah mandi, kita pergi deh buat makan siang.

makanan pertama yang kami makan di Brunei adalah ambuyat. ini spesial banget karena baru pertama kali makan sagu. anyway ambuyat itu adalah sagu, makanan ini mirip dengan makanan dari Papua. untuk memakannya ada caranya jg loh dan bumbunya sangat spesial juga, terbuat dari durian dan mangga.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien
sedangkan lauk-lauknya enak juga, rasanya mirip sama makanan indo. saat itu juga jadi inget makanan di rumah T.T sambel belacannya jg ga kalah enaknya. perfect bgt makanan di siang ini. mungkin juga karena yang masak adalah orang indo yah?jadi rasanya pas bgt di lidah. tapi memang saya mendengar ada salah sati pegawainya yang orang indo, tepatnya orang jawa.

ah iya satu hal yang sangat unik, kalau mau pesan minuman yang dingin, kita harus bilang kaya gini, "mau teh ping". ping disini berarti dingin. harga makanannya juga tidak terlalu mahal. setelah kenyang, kita pergi ke Mesjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang merupakan salah satu mesjid yang terkenal di Brunei.

sungguh saya kagum seketika, memang mesjidnya bagus bgt, tempat wudunya aja bagus banget. semua arsitekturnya unbelievable deh! rasa ingin tahu gw bertambah untuk melihat lebih jauh isi dalam masjid itu. setelah ambil wudu dan menanti adzan zuhur berkumandang, saya hanya bisa duduk terdiam mengagumi mesjid ini. alhamdulillah ini solat pertama di Brunei, di mesjid yang amat sangat saya kagumi ini. terima kasi ya Allah.

Kampong Ayer
setelah solat zuhur, kami pun diajak fadhil untuk mengunjungi sebuat mall yang berada tidak jauh dari mesjid itu. setelah kami sadari, semua toko2 ataupun tanda2 di jalan, semuanya ditulis dengan tulisan jawi. benar2 serasa lagi berkunjung ke tanah suci, dats why i called it little Mecca.
lalu kami pergi ke Kampung Ayer, dsana kami naik perahu untuk ngelilingin kampung tersebut. sungguh keren! sampe2 ada pom bensin terapung, disamping itu juga ada tempat pengeboran minyak bumi, subahaballoh banget deh. memang ini negeri kaya akan minyak buminya yah, dimana-mana ada.

Jerudong Beach
sudah menjadi kewajiban buat saya untuk mengunjungi kampus teman2 di negara mereka. oleh karna itu, kami pun pergi ke Universiti Brunei Darussalam (UBD). hemm...sebenernya gw rada2 speechless karena tampaknya itu kampus baru dibangun, i can say that uum much better. sepiii banget di kampus itu. ini merupakan bukti bahwa memang orang2 Brunei kalau belajar itu di luar negeri semua, governmentnya memang memberikan scholarship untuk belajar di luar maupun di dalam negeri, well rich country with less people, watta lovely one!

kami pun menuju ke pantai, Jerudong. tempat ini memang terkenal dengan keindahan pantainya. setibanya disebuah resort yang sangat mewah, insting ke-ikanan pun mulai keluar, sumpah kolam renangnya menggoda banget deh. lautnya pun. senang akhirnya bisa ketemu laut, udah dari kapan tau pengen banget main2 di pantai.
jajanan pasar malam

setelah menikmati udara laut, kami pun menuju ke rumah lagi. karena udah ga sanggup buat tidur, akhirnya saya menewaskan diri dan ga nyangka dibangunin sma fariz jam 7 donk, it means udah 2 jam tidur dan memang pules banget.

dengan muka setengah sadar dan bener2 baru bangun banget, kami pergi makan malem lalu ke pasar malem. saya exited bgt untuk yang satu ini karna memang bener2 pengen ngelyat jajanan pasarnya Brunei :) ga terlalu jauh berbeda dengan pasar malam di malay sih, tapi ada beberapa makanan yang unik dan namanya pun unik.

cemilan udah dapet, sekarang waktunya jalan2 lagi. sekarang pergi ke Mesjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah. mesjid yang satu ini juga ga kalah kerennya dengan mesjid sultan ali. tempat wudunya pun sudah pake sensor. bener-bener keren deh mesjidnya. ini merupakan mesjid milik sultan yang sekarang, jadi kalau lagi jumatan, sultan sering solat disini.

Mesjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah
satu hal yang membuat mindset gw berubah, fadhil bilang kita bisa ketemu sultan dimana ajah. ga susah kalo mau ketemu sama sultan karena sultannya suka jalan-jalan dan amat sangat welcome dengan rakyatnya. watta lovely sultan right?

kata fatimah (pacarnya fadhil) mesjid sultan ali kalo malem viewnya bagus banget, so kita berangkat kesana. tapi sedihnya pas sampe dsana, lampu-lampunya ga nyala T.T tapi teteup luxurious keliatan dari luar. habis dari mesjid, kita nyempetin diri untuk ke toko buat nyari cemilan, wow.... saya aga sedikit syok karena bisa nemuin snack favorit "kusuka" dan juga fruit tea. semuanya serba import yah, sampe-sampe mau nyari snack khas brunei aja susah.

well, jalan-jalan hari ini amazing banget. dari yang ga tau apa-apa tentang brunei dan culturenya, sekarang udah mulai tahu. informasi tentang brunei jarang banget ada di internet, dan saya merupakan orang yang cukup beruntung bisa tahu rahasia lain dari negeri ini :)
wassalamualaikum, journey ended here, in front of Mesjid Sultan Omar Ali Saifuddien :)