Thursday 17 June 2010

Great Beijing 1st day

Posted by Nyomie at 6/17/2010 01:19:00 pm
29th May 2010
Yey!!! BEIJING I’m coming. Gw ama petualang yang satu lagi (saudara darius) bersiap menuju ibukota negeri tirai bambu itu. Tas dah siap..baju beres..laptop..pasport..duit..lengkap sudah!!

Jam 8 pagi pun saya langsung menuju stasiun kereta api. Dengan langkah yang besar2 sya pun bergegas menuju ke tempat tujuan. Sesampainya disana ternyata???? Si petualang yang satu lg belom nyampe T.T haduhh….ya sudah saya menunggu kehadiran dya di sudut stasiun itu.

Setelah dardar dtg, kita langsung beli tiket untuk ke Beijing dengan menggunakan kereta tercepat, hanya 30 menit sudah sampai lohh…
Ketika kami mau masuk kedalam stasiun untuk menunggu kereta, semua barang2 kami harus di scan,,wkwkkw…serasa gw mau naek pesawat..dan setelah naik escalator terlihatlah stasiun kereta api yang megah..bersih…dan sangattt keren menurut gw.

Yeppp….i think it isn’t in China!!! Even stasiun di Seoul pun ga sekeren ini…entah lah ya..apa si Korea org2nya dah pada tertib smua dan ga mungkin berdesak-desakan buat masuk ke kereta. Sumpah gw merasa comfortable bgt di stasiun kereta itu.
Setelah menunggu kira2 15 menit-an, akhirnya kita diperbolehkan untuk masuk ke kereta. Yihaaaa….again…I luv this train. Bagus banget dan bersihhhhhhh…nyaman booo!!! Entah kenapa gw suka memeriksa kondisi toilet di kereta ataupun di pesawat. Dan wew…..amazing…bersih!!! ga jorok!! Alhamdulillah nemu jg toilet yang kaya gini di cina..

Kereta melaju dgn sangat kencangnya,,,ga terasa dah 30 menit aja n keretanya dah berenti. Yey…dah di Beijing…dengan bingungnya kudu ngapain dulu, akhirnya kita langsung membeli peta Beijing dan juga kartu transportasinya.
Dengan pedenya kita langsung menuju subway untuk cek in hotelnya. Dari South Beijing Railway menuju Wangfujing dibutuhkan kira2 30 menit. Kami melakukan 2 kali transfer. Ribet sih…tapi ya bagaimana lagi. Ini cara yang paling termurah. Maklum kita backpacker yang Cuma punya duit pas2an.

Sesampainya di stasiun Wangfujing, kami pun masih diribetkan dengan jalan2 yang ada. Maklum saya buta huruf dan ga bsa ngomong bahasa lokal. Alhasil saya hanya bisa mempercayai partner saya untuk menemukan hotel yang sudah saya pesan itu. Akhirnya kami menemukan tourist information, akhirnya kami kesana n gw nanya tentang hotel kami.

Wew….ternyata uda ga jauh dari situ. Tapi karna barang bawaan yang sedikit berat ini membuat saya kelelahan dibawah panasnya terik matahari yang begitu menyengat. Setelah berputar2 dan bolak balik melihat peta..akhirnya kamimenemukannya. Yihaaaaa….
Proses cek in yang lumayan aga ribet..hemm..sbenernya sih ngga ribet cm karna gw yang ga bisa mengerti apa yang mereka bilang,,hahahha… akhirnya kami pun dikasi kunci kamar…dan kami langsung bergegas ke kamar…

Setelah menaruh barang2 dan siap2 menuju tempat objek wisata yang berikutnya yaitu GREAT WALL. Yihaaaaaaaaaaa….dengan semangat yang masi menggebu-gebu kita langsung cau dan nyari cara untuk kesana.

Karna kita masi buta dengan transportasi disini, akhirnya kita memutuskan untk naik taxi saja menuju ke stasiun bis. Sebenarnya ada banyak cara buat sampai ke Badaling great wall. Bisa naik kereta jg, tapi setelah dipikir2..klo naik kereta kan belom tentu dapet tempat duduk dan kita kudu ke sasiun kereta yang lumayan jauh dari Wangfujing. Sumpah taxi mahal mampus. Baru duduk udah 10 RMB n cepet bener argonya, beda bgt dr Tianjin. Yang slow but sure. Alhasil kami haruu membayar 20 RMB dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Dah sampe di terminal bis kami langsung mencari bis yang ke Badaling. Tapi karna kita ga sure bgt jadi nanya deh ama org. ehh….gw bngungnya kok si dardar ngbrolnya lama bener..trus dgn pake bhs indo dya menjelaskan k gw, kalo org yg ditanya itu sbnrnya lg nawarin mobil k great wall, byasalah calo…dengan alesan bis yang k great wall bakalan lama lg brgkatnya..

Tapi gw bersih keras kalo bis itu ada setiap jam. Karna gw udah baca dengan jelas tentang informasi itu. Alhamdulillahnya si bis yg k great wall ada di depan mata dan ga lama kemudian berangkat. Dengan menggunakan fasilitas kartu bis, jadi dapet potongan harga sekitar 60%. Perjalanan memakan waktu lebih dari 1 jam. Karna begitu lamanya, kami pun terlelap dalam mimpi..heheheh…alias ngantukz..

Pas udah mau nyampe, sy sudah melihat pegunungan yang tinggi2 dan juga jalan2 great wallnya. Sungguh indah. Pohon2 yang berwarna hijau pun bertebaran dimana-mana. Wow..sungguh kami exciting bgt. Setelah keluar dari bis (walau dgn perut laper karna belom mkn pagi n siang), kami tetep semangat!!! Aura2 great wall udah ada….

Setelah membeli tiket masuk, mulai deh mengeluarkan kamera untuk foto2..ada 2 jalan yang bisa kami tempuh; yang banyak orangnya sama yang sedeng orangnya. So, karna kita memang pgn foto2, kita pilih yang dikit orangnya..lalu berjalanlah kami…seruu!!!! Cuaca yang cerah dan langit yang amat sangat bersahabat..benar2 mendukung jalan2 kami hari ini..foto2 pun jadi bagus banget…

Duhhh dengan susah payah akhirnya kami mencapai ketinggian 888 meter dr permukaan laut..fuihhhhhh….capeeeeeeeee gilaaaaaaaaa!!!! Tapi pas nyampe di puncaknya…sungguh lega dan seneng bangetttttt…

Ga lama kemudian kita langsung turun lagi dikarenakan langit sudah mulai gelap. N kita harus buru2 balik lg k kota.hehehhe….kami pun kembali menaiki bis yang sama menuju ke tempat semula. Sesampainya di terminal, kita mulai mencari subway karena kita ga mau naek taxi lagi…hemattt!!!

Dah gtu kita nyari makan pas nyampe wangfujing, giloooooo lafar sekalii…eittsss tiba2 kami melihat resto korea gtu…n alhasil kami makan dsana. Wew….kayanya gw lgs jatuh cinta ama restonya, abis ada tulisan koreanya jg, jadi gw bsa baca menunya. Selama ini gw Cuma blg aja gw mau mkn apa.

Hemm…tp yang ngebedain adalah kalo kimchinya ga dkasi gratisan T.T pdahal gw byasanya slalu minta kimchi berulang-ulang. Maklum sya suka sekali sih…
Perutpun sudah kenyang, kami lanjutkan lagi untuk muter2 daerah wangfujing…hooo..banyak sekali lo jajanan dsana…tertarikkk tapi perut pun ga kuat lagi..y sudah kami putuskan untuk jajan bsk sore ajah…ihhihihi..

Pengeluaran:
Peta Beijing (bhs Inggris) : 5 RMB
Paket Kartu Transportasi : 40 RMB. 20 RMB (kartu) + 20 RMB (reload)
Taxi : 20 RMB
Bis ke great wall: 4.80 RMB
Tiket masuk : 45 RMB (40RMB tiket + 5RMB asuransi)
Subway : 2 RMB (all destination)